Thursday, January 14, 2016

Pengertian dari Kanker Serviks

Pada dasarnya cara utama guna mencegah penyakit kanker serviks yakni mencegah dan menghindari tertular oleh virus HPV. Hampir mencapai 99% virus inilah yang menjadi penyebab terjadinya kanker serviks.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengurangi resiko terjangkit kanker serviks yaitu vaksinasi, setia pada pasangan, berhubungan seks dengan aman, berhenti merokok serta screening rutin pada leher rahim.
Infeksi HPV jenis tertenu mayoritas selalu berhubungan dengan kasus-kasus kanker serviks.Virus HPV ini mudah sekali menyebar lewat hubungan seksual yang kurang/tidak aman, sangat disarankan bagi Anda untuk mengurangi resiko tertular virus HPV dengan menggunakan kondom ketika berhubungan badan.
Resiko tertular virus HPV ini akan lebih besar apabila seseorang memiliki pasangan seksual yang banyak. Infeksi virus ini juga bisa menyerang wanita yang hanya mempunyai satu orang untuk berhubungan badan apabila pasangannya tersebut mempunyai pasangan seksual lain yang banyak.
Metode yang digunakan untuk mendeteksi berbagai macam sel yang berpotensi menjadi kanker disebut juga dengan pap smear atau screening untuk kanker serviks. Pap smear leher rahim ini bukan merupakan tes atau uji yang dilakukan untuk kanker. Tes ini hanya bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan berbagai sel yang terdapat di leher rahim. Mayoritas hasil uji atau tes yang dilakukan pada beberapa wanita menunjukkan hasil yang normal. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan tes pap smear secara rutin. Bagi Anda yang tergolong dalam usia 25-49 tahun dan sudah pernah berhubungan intim, dianjurkan untuk rutin menjalani tes ini minimal tiga tahun sekali. Sedangkan bagi Anda yang telah berusia 50-64 tahun, anjuran melakukan tes ini dalam 5 tahun sekali.
Human papilomavirus atau vaksinasi HPV dapat menjadi pelindung bagi wanita guna terhindar dari virus utama yang dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks. Vaksin ini akan bekerja lebih efektif apabila diberikan pada gadis yang beranjak dewasa sebelum dia aktif terhadap aktifitas seksual. Walaupun vaksin HPV ini mampu mengurangi terjangkit kanker serviks, namun vaksin ini belum bisa menjadi jaminan bagi Anda untuk terbebas dari penyakit kanker serviks ini. Tes pap smear ini sebaiknya rutin anda lakukan walaupun Anda telah mendapatkan vaksinasi HPV.
Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kanker serviks yakni menjauhi rokok. Wanita perokok akan lebih sulit untuk menghilangkan adanya infeksi HPV di dalam tubuhnya. Kanker merupkan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi HPV.


No comments:

Post a Comment